Menu Pilihan

Thursday, February 18, 2016

Obat asam urat tradisional

Obat asam urat tradisional
obat asam urat tradisional
Indonesia adalah negara yang memiliki letak astronomis yang sangat strategis. Secara astronomis indonesia dilintasi oleh garis katulistiwa. Hal itu yang menyebabkan negara indonesia memiliki iklim tropis. Iklim tropis adalah iklim yang amat sangat menguntungkan. Biasanya suatu wilayah yang memiliki iklim tropis akan selalu disinari oleh matahari sepanjang tahun. Sebagai negara yang beriklim tropis indonesia hanya memiliki 2musim, yakni musim kemarau dan penghujan. Sebagai negara yang beriklim tropis, indonesia memiliki curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan hidup dan berkembangnya beragam flora dan fauna.


Apa hubungannya negara indonesia yang beriklim tropis dengan obat asam urat tradisional, nah disini akan mulai kita bahas. Sudah dijelaskan di atas bahwa di negara indonesia yang beriklim tropis menyebabkan hidup dan berkembangnya beraneka ragam flora dan  fauna. Flora adalah kata atau bahasa lain dari tumbuhan. Di indonesia ini amat sangat kaya dengan beraneka ragam tumbuhan. Diantaranya di indonesia ini hidup dan tumbuh subur tanaman dan tumbuhan yang bisa di buat untuk obat-obatan dan jamu.
dari tanaman dan tumbuhan tersebut yang nantinya sebagian bisa diolah untuk di jadikan obat tradisional asam urat.

Tidak hanya satu macam saja tanaman atau tumbuhan di indonesia ini yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan asam urat. Jumlahnya bisa puluhan, akan tetapi disini saya tidak akan membahas semua, hanya sebagaian yang akan saya bahas sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan buat kita. karena kalau kita bahas semuanya, saya yang tidak sanggup. Karena untuk nulis artikel ini saya bisanya malam, dan kalau kelamaan mata saya tidak sanggup, hehe!. Oke, langsung saja akan kita bahas satu persatu :
  1. Buah cerry : Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam buah-buahan bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Pada pasien yang mengombinasikan obat asam urat dari dokter dengan konsumsi buah ceri, serangan asam urat mereka berkurang sampai 75% dibandingkan dengan pasien yang tidak minum obat atau tidak makan buah ceri. Dijelaskan, bahwa kandungan antioksidan dalam ceri merupakan penghambat (inhibitor) enzim alami yang memang disasar oleh beberapa obat antiperadangan. 
  2. Daun Sidaguri : dilihat sekilas tanaman ini tidak memiliki daya tarik ataupun daya pikat. Sehingga kita tidak akan menganggap tanaman ini. Akan tetapi perlu anda ketahui kalau tanaman sidaguri ini mengandung kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino dan minyak asiri. Kandungan yang dimiliki oleh tanaman sidaguri ini bisa dijadikan untuk membuat obat untuk penyakit asam urat. Untuk mengolah tanaman ini menjadi obat asam urat, bisa dilakukan hanya murni dengan  tanaman ini, atau untuk mendapat hasil yang lebih maksimal dapat diracik bersama mahkota dewa. Selain dapat untuk dijadikan obat asam urat, daun sidaguri juga bisa digunakan untuk mengobati flu, demam, radang, sakit perut, kencing batu, bisul, radang kulit, rheumatik, asam urat, asma, desentri dan eksim.
  3. Daun Sirsak : alam daun sirsak terkandung senyawa atecoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Senyawa Atecoginin yang tinggi dapat berfungsi sebagai anti feedent, yang dimana hama tanaman tidak akan mau memakannya. Sedang dalam konsentrasi rendah, jika ada serangga yang memakannya, serangga tersebut akan mati. Bila dicampur dengan ramuan herbal lain, maka daun sirsak ini akan menjadi obat yang mujarab. Akn tetapi, untuk membuatnya menjadi obat asam urat, kita tidak perlu mencampur dengan bahan lain. Dan cukup dengan merebusnya saja. 
  4. Daun Sambiloto : Tumbuhan sambiloto adalah tanaman asli yang berasal dari India. Di beberapa daerah yang ada di indonesia daun sambiloto dikenal juga dengan sebutran papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Daun Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya sangat pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Semua bagian tanaman sambiloto ini bisa di manfaatkan sebagai obat asam urat tradisional.
  5. Kumis kucingKumis kucing atau Orthosiphon aristatus. tumbuhan atau bunga kumis kucing tentu kita mengenalnya. Tanaman ini banyak di pelihara di sekitar kita sebagai tanaman hias. Ternyata selain sebagai tanaman hias, Tanaman bunga kumis kucing ini bisa dijadiklan sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.
  6. Daun salam :  Daun salam dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak. Daun salam memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan citarasa masakan. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan. Memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi asam urat.
Nah, tersebut diatas adalah beberpa contoh tanaman ataau tumbuhan yang ada di negara indonesia yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat tradisional. Sebenarnya masih banyak lagi tanaman dan tumbuhan lain yang bisa untuk dijadikan obat asam urat alami atau obat asam urat herbal. Tetapi mohon maaf dalam kesempatan ini belum saya bahas. Masalahnya kopi saya sudah habis, dan mata saya sudah ngantuk berat. Insyaallah lain kali saya akan mebahasnya lagi mengenai obat tradisional untuk asam urat part2.

Jika ada kritik dan saran untuk membangun blog ini, mohon isikan dibagian komentar. Harap berkomentar dengan baik dan sopan, jika ada komentar yang tidak baik akan langsung kami hapus. Terimakasih banyak sudah mampir di blog yang menjual segala obat untuk asam urat www.menjualobatasamurat.blogspot.co.id.

No comments:

Post a Comment