Menu Pilihan

Saturday, September 22, 2012

Asam Urat

Asam Urat


Penyakit Asam Urat
Penyakit Asam Urat
Asam urat, penyakit ini sudah ada dan dikenal sejak 2000 tahun yang lalu. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit tua. Pada jaman kerajaan, penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit para raja. Mengapa? karena dahulu kala penyakit ini diidentikan timbul karena seseorang sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang serba enak.

Asam urat atau rematik gout yang dalam bahasa inggrisnya terkenal dengan gout atritis, adalah penyakit yang timbul karena disebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah yang disebabkan oleh zat purine. Kadar zat purine (terkandung dalam makanan) akan dicerna dan diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Jika kadar zat purine yang diolah terlalu berlebihan maka ginjal tidak akan mampu mengolah secara keseluruhan untuk dikeluarkan bersama air kencing. Akibatnya purine akan membentuk kristal yang akan menumpuk dipersendian. Dari penumpukan kristal-kristal purine tersebut, akan diakibatkan rasa nyeri-nyeri, ngilu-ngilu pada persendian. Dan biasanya persendian yang diserang akan meradang (bengkak).


Dahulu yang sering terserang asam urat adalah kaum pria. Akan tetapi sekarang ini juga sudah banyak wanita yang terserang penyakit asam urat. Kadar asam urat yang normal pada pria adalah 3.5mg/dl sampai dengan 7mg/dl. Sedang kadar asam urat yang normal pada wanita adalah 2,6mg/dl sampai dengan 6mg/dl. Asam urat dapat diobati dengan menkonsumsi obat asam urat. Akan tetapi tidak menjamin 100%kesembuhan. Karena apa? karena didalam tubuh seseorang itu berpotensi untuk memproduksi asam urat yang berlebihan. Terutama dari segi makanan yang dikonsumsi dalam sehari-harinya. Untuk itu disarankan untuk kita semua, agar senantiasa mengontrol makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Kita harus sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang tinggi kadar purine nya.

Tag :

No comments:

Post a Comment