Menu Pilihan

Tuesday, December 25, 2012

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Asam Urat

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Asam Urat

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Asam Urat
Sebagai pengetahuan lebih dini buat anda yang masih awam, berikut ini saya coba menulis artikel tentang hal-hal yang harus ketahui tentang asam urat. Di artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa asam urat tidak hanya menyerang kaum pria. Tetapi kini juga dapat menyerang kaum wanita, terutama yang sudah menopause. Karena wanita yang sudah menopause akan sedikit memproduksi hormon estrogen. Yang efeknya akan memicu meningkatnya asam urat.

Asam urat adalah bentuk radang sendi, karena tengginya kadar asam urat dalam darah yang tidak lagi dapat dikendalikan oleh fungsi ginjal. Ketika asam urat menumpuk dalam sendi, sel darah putih anda akan menyerang, dan akan melepaskan zat kimia yang menyebabkan panas, meradang (bengkak), kemerahan dan nyeri. Penyakit Asam Urat yang akut biasanya berlangsung sekitar 10hari. Bahkan bisa lebih lama, efek yang ditimbulkan bisa menyebabkan kerusakan yang permanen.

Berikut Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Asam Urat :
  1. Waspada rasa sakit (ngilu dan nyeri) pada sendi : Pada saat anda merasakan sakit pada persendian, mungkin saja anda sudah mengalami gejala terkena asam urat. Biasanya asam urat menyerang jempol kaki, dan juga dapat mempengaruhi sendi lain seperti pergelangan kaki dan lutut.
  2. Jangan meminum aspirin untuk meredakan sakit : Meminum aspirin untuk meredakan rasa sakit asam urat adalah salah. Karena dengan meminum aspirin, tidak akan membantu menyembuhkan, yang ada adalah menambah keadaan asam urat anda semakin memburuk. Lebih baik anda meminum obat anti inflamasi yang mengandung ibuprofen dan naproxen untuk meredakan rasa sakitnya.
  3. Hindari makanan yang menyebabkan asam urat : Daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, adalah contoh makanan yang dapat memicu terserangnya asam urat. Menghindari disaat anda sudah terkena asam urat, tidak akan banyak membantu. Jadi lebih baik mencegah dimulai dari sekarang.
  4. Deteksi Asam Urat lebih dini dengan bantuan rheumatologist : Deteksi penyakit asam urat yang tepat, hanya bisa dilakukan oleh rheumatologist. Rheumatologist akan mendeteksi dengan cara mendiagnosis asam urat anda dengan mengekstratksi cairan dari sendi. Hal tersebut akan membantu anda mendapatkan pencegahan dan pengobatan asam urat yang mungkin terjadi di kemudian hari. Rheumatologist akan memberikan resep obat-obatan yang berfungsi untuk menormalkan kadar asam urat anda. Dan disertai dengan resep obat anti inflamasi atau steroid untuk mengatasi penyakit asam urat akut. Resiko asam urat yang telah diketahui sejak dini akan membuat pengobatan menjadi lebih midah.
Sekian artikel tentang Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Asam Urat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas kunjungannya. Silahkan mampir lagi dilain kesempatan.

Tag :

No comments:

Post a Comment