Menu Pilihan

Sunday, December 23, 2012

Siapa Saja Yang Beresiko Terkena Asam Urat

Siapa Saja Yang Beresiko Terkena Asam Urat

Siapa Saja Yang Beresiko Terkena Asam Urat
Siapa Saja Yang Beresiko Terkena Asam Urat
Siapa saja yang beresiko terkena asam urat. Banyak yang beranggapak bahwa asam urat hanyta menyerang orang-orang yang kaya. Dikarenakan orang kaya diidentikan dengan makanan dan minuman yang berkelas. Tentunya makanan dan minuman yang enak-enak. Dan kebanyakan dari mereka jarang yang kerja berat, ataupun melakukan olahraga. Namun ternyata penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja. Nah, siapa saja yang beresiko terkena asam urat ?

Ada beberapa hal atau faktor yang menyebabkan seseorang berisiko terkena asam urat atau yang lebih dikenal dalam ilmu kedokteran Gout. beberapa ciri orang yang memiliki faktor atau berisiko terkena asam urat adalah sebagai berikut :

  • Pria
Mengapa pria, karena pria tidak memiliki banyak produksi hormon esterogen. Tidak seperti halnya wanita, wanita banyak memproduksi hormon esterogen yang fungsinya untuk mencegah pembentukan asam urat. Maka banyak anggapan bahwa asam urat adalah penyakit pria. Tetapi jangan salah, asam urat juga dapat menyerang wanita, sekitar 98 persen wanita yang sudah manepouse berisiko juga terkena asam urat.
  • Penggemar Seafood
Seafood adalah jenis bahan makanan yang memiliki kadar purine yang tinggi. Jika kadar purine tersebut tidak mampu dicerna secara sempurna dalam metabolisme tubuh, akan menimbulkan kristal-kristal yang akan menumpuk dipersendian. Yang efeknya akan menimbulkan nyeri dan peradangan pada persendian tersebut.
  • Alkohol
Diindonesia ini, jika kita perhatikan banyak sekali masyarakat yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol. Jangan salah, Orang yang terlalu berlebihan mengkonsumsi alkohol, berisiko tinggi terkena asam urat. Karena kandungan purine dalam alkohol sangat tinggi.
  • Obesitas (Orang Yang Gemuk)
Orang gemuk lebih berisiko cepat terkena asam urat, karena proses penguraian purine lebih cepat. Sehingga akan cepat menimbulkan penumpukan kristal-kristal purine. Ada saran khusus bagai seseorang yang gemuk. Untuk menetralisir atau mengimbangi cepatnya penumpukan kristal purine, sebaiknya anda sering atau lebih banyak mengkonsumsi air putih.
  • Faktor Keturunan
Riwayat keluarga juga merupakan faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena asam urat. Sekitar 18 persen penderita penyakit asam urat, memiliki riwayat penyakit (asam urat) yang sama pada salah satu anggota keluarganya. Bisa dari orang tuanya, atau dari kakek neneknya.

Sekian artikel tentang Siapa Saja Yang Beresiko Terkena Asam Urat. Semoga kita semua bisa mengambil manfaatnya.

Tag :

Resiko Asam Urat, Siapa Saja Yang Terkena Asam Urat, Siapa Saja Yang Beresiko Terkena Asam Urat

No comments:

Post a Comment