Menu Pilihan

Saturday, September 29, 2012

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat


Penyebab Asam Urat
Penyebab Asam Urat
Penyebab asm urat. Penyakit Asam urat terbagi menjadi dua macam. Antara lain penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat skunder. Pembagian penyakit asam urat ini menjadi dua bagian berdasar atas faktor penyebab asam urat. Penyebab asam urat primer adalah berasal dari dalam tubuh manusia itu sendiri (faktor internal). Sedangkan penyebab asam urat skunder, berasal dari luar tubuh manusia (faktor eksternal). Untuk lebih jelasnya tentang penyebab asam urat, akan kami terangkan sebagai berikut :

  • Penyebab Asam Urat Primer
Penyebab asam urat ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh manusia. Namun belum diketahui secara pasti, berdasar dugaan penyebab asam urat ini adalah dari faktor genetik dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh tengganggunaya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.

  • Penyebab Asam Urat Skunder 
Penyebab asam urat  yang kedua atau skunder ini berasal dari luar tubuh manusia. Biasanya sangat terkait erat dengan makanan atau minuman yang di konsumsi oleh manusia tersebut. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai penyebab utama asam urat sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena manusia mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Purin termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat bisa juga dikarenakan penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, vitamin B12). faktor lain sebagai penyebab adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda-benda keton yang meninggi inilah sebagai sebab asam urat juga ikut meninggi.


Tag :

Penyebab Asam Urat

 

No comments:

Post a Comment