Menu Pilihan

Monday, September 9, 2013

Obat herbal itu tidak aman

obat herbal itu tidak aman
obat herbal itu tidak aman
Obat herbal itu tidak aman. Banyak orang yang merasa dan menyatakan bahwa obat-obatan herbal itu aman untuk dikonsumsi. Mereka beranggapan jika mengkonsumsi tidak akan menimbulkan efek samping. obat herbal dianggap aman oleh kebanyakan masyarakat karena terbukti secara empiris dapat menyembuhkan penyakit tanpa dosis yang pasti, terutama untuk obat herbal yang berupa jamu, khasiatnya akan terlihat setelah meminumnya dalam jangka waktu tertentu dan berbeda-beda pada setiap individu.

Akan tetapi jangan salah, obat herbal itu tidak aman dan akan berbahaya jika  meminumnya tidak sesuai anjuran. Obat herbal memiliki aturan dosis yang perlu dipatuhi. Jika tidak, justru akan menimbulkan kontraindikasi, karena prinsip efeknya seperti obat kimia. Obat herbal merupakan bahan-bahan herbal yang telah melewati sebuah proses peracikan dan digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Di Indonesia, obat herbal terbagi menjadi tiga jenis, yaitu jamu, obat herbal terstandar (OHT), dan fitofarmaka.

Obat herbal yang sudah mulai digunakan dokter adalah OHT dan fitofarmaka yang sudah ada dosis pastinya sehingga penggunaan yang tidak sesuai dosis bisa berbahaya. meskipun umumnya terbukti secara empiris, obat herbal ada juga yang bersifat toksik/racun. Ini terjadi karena proses peracikan obat yang tidak sesuai dengan peracikan yang sebelumnya sehingga manfaat yang dimiliki oleh sebuah bahan herbal bisa berubah menjadi toksik/racun. Obat herbal juga dapat menimbulkan interaksi obat dengan obat lain. Interaksi obat bisa memberikan efek saling menetralkan ataupun saling memperkuat dosis. Keduanya sama-sama tidak menguntungkan. Kendati bukan tanpa risiko, potensi obat herbal sangat besar untuk dijadikan dasar dari pengobatan modern. Bahkan, pasarnya cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Dari artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa semua obat herbal itu aman untuk dikonsumsi. Obat herbal itu tidak aman dan berbahaya jika dikonsumsi tidak sesuai dosis yang dianjurkan.

Tag :
Obat herbal itu tidak aman

No comments:

Post a Comment